Curug Sawer

1422
Curug Sawer

Air terjun Curug Sawer setinggi 35 meter ini berjarak 1,7 kilometer dari pintu masuk TWA Situgunung dengan menelusuri hutan tropis. Namun perjalanan tersebut terpangkas sekitar 500 meter ketika pengunjung memilih opsi melewati Jembatan Gantung Situgunung.

Di sekitar air terdapat fasilitas mushola, toilet dan food court yang menyediakan makanan serta pernak-pernik untuk oleh-oleh. Fasilitas-fasilitas tersebut terawat dengan baik. 

Jika pengunjung merasa terlalu lelah untuk kembali, di dekat food court terdapat layanan ojek yang dapat membawa pengunjung ke gerbang utama TWA, sehingga tidak perlu kembali melewati jembatan gantung. 

Curug Sawer seolah menjamin kesegaran pengunjung melalui percikan air yang terhembus angin hutan. Berendam di sungai jernih limpahan curug juga dapat menjadi pilihan pengunjung untuk mengistirahatkan raga.

Foto: Curug Sawer

Jam buka Curug Sawer pada pukul 07.00 – 16.00 WIB di hari biasa dan mulai dari 07.00 – 17.00 WIB ketika weekend dan high season.

Harga tiket masuk di Situ Gunung bervariasi. Ada tiga jalur dengan fasilitas yang berbeda, klik post berikut untuk penjelasannya. Terdapat jalur hijau, kuning dan merah.

Akses jalur hijau, memiliki jarak terdekat yaitu hanya 1,5 kilometer. Pengunjung akan diantarkan oleh kendaraan shelter yang dapat meringkas jarak tempuh. Jalur ini biasa disebut jalur VIP. Harga tiket yang mulai dari Rp 100.000 untuk satu orang.

Jalur kuning mempunyai panjang sekiar 2,5 kilometer. Jalur ini melewati trek gunung bebatuan menuju Jembatan Gantung. Fasilitasnya tidak jauh berbeda, namun untuk jalur ini, pengunjung tidak mendapatkan fasilitas antas jemput kendaraan dan Keranjang Sultan. Pengunjung tetap mendapatkan welcome drink rebusan dan teh/kopi, lalu ke Jembatan Gantung, Balcony Resto, Curug Sawer, Amphitheater, Jembatan Merah dan valley resto.

See also  Glamping Halimun Tent

Jalur merah memiliki jarak terjauh, jaraknya yaitu sekitar 3,7 kilometer. Tiketnya dijual dengan harga paling murah.